Pada motor matic dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu bergeraknya sliding sheave yang ditekan oleh pemberat atau roller berdasarkan putaran mesin, jika pemberat atau roller semakin ringan maka menyebabkan puli lebih melebar. Maka perlu dilakukan penyesuaian berat roller dengan tujuan agar mendapatkan tenaga yang optimal sehingga mampu melakukan akselerasi yang lebih tinggi. Motor yang akselerasinya tinggi membutuhkan lebih banyak bahan bakar untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh berat roller CVT terhadap torsi, daya dan konsumsi bahan bakar spesifik. Untuk pengujian torsi dan daya dilakukan dengan alat dinojet 250i pengujian dilakukan pada rpm 5500 rpm, 6000 rpm, 6500 rpm dan 7000 rpm. Untuk pengujian konsumsi bakar spesifik alat yang digunakan adalah burret, pengujian dilakukan dengan cara melihat pengurangan bahan bakar pada burret selama 30 detik dilakukan pada rpm 5500 rpm, 6000 rpm, 6500 rpm dan 7000 rpm. Dari data pengujian torsi dan daya menunjukkan bahwa masing-masing roller akan mengalami peningkatan grafik data pengujian torsi dan daya disetiap rpm dan dari data pengujian konsumsi bahan bakar spesifik menunjukkan bahwa masing-masing roller akan mengalami penurunan grafik data pengujian konsumsi bahan bakar spesifik di setiap rpm.
Copyrights © 2024