MULTINETICS
Vol. 6 No. 2 (2020): MULTINETICS Nopember (2020)

Game Edukasi Anak Menggunakan Metode Finite State Machine Berbasis Android

Ashari, Aliffia Novsiyanti (Unknown)
Jajuli, Mohamad (Unknown)
Dermawan, Budi Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2020

Abstract

Media belajar yang diterapkan saat ini masih bersifat konvensional. Maka dari itu, penelitian ini merancang game edukasi anak menggunakan metode finite state machine berbasis android, dimana metode finite state machine ini merupakan sistem kontrol alur aplikasi. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang memiliki enam tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Tujuan adanya aplikasi ini, untuk mengevaluasi pengetahuan anak pada pelajaran, dengan memanfaatkan media interaktif seperti gambar, animasi 2D transisi dan musik. Berdasarkan hasil uji aplikasi dengan alpha testing, fungsi aplikasi berjalan dengan baik dan hasil dari beta testing dengan kuisioner delapan pertanyaan yang diisi oleh 32 siswa kelas 1 (satu) Sekolah Dasar Negeri Sukamandi II diperoleh presentase 98,6%, sehingga aplikasi layak digunakan. Dari pengujian manual didapatkan hasil pengetahuan anak pada pelajaran Matematika sebesar 86,2%, Bahasa Indonesia 85,3% dan Bahasa Inggris 73,8% dan hasil evaluasi menggunakan aplikasi game pada pelajaran Matematika sebesar 97,8%, Bahasa Indonesia 95,6% dan Bahasa Inggris 92,5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengetahuan anak dalam pelajaran mengalami peningkatan setelah menggunakan aplikasi game edukasi yaitu 11,6% pada pelajaran Matematika, 12,5% pelajaran Bahasa Indonesia dan 18,7% pelajaran Bahasa Inggris, sehingga aplikasi ini efektif untuk meningkatkan kemampuan belajar anak.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

multinetics

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Multinetics is a peer-reviewed journal is published twice a year (May and November). Multinetics aims to provide a forum exchange and an interface between researchers and practitioners in any computer and informatics engineering related field. Scopes this journal are Content-Based Multimedia ...