Jurnal IlmiahManajemen, Bisnis dan Ekonomi Kreatif
Vol. 3 No. 2 (2024): Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Ekonomi Kreatif

PENGARUH E-RECRUITMENT, KOMPENSASI, LINGKUNGAN KERJA DAN REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP MINAT MELAMAR KERJA (STUDI PADA FRESH GRADUATE DI SEMARANG)

Luthfi, Reza (Unknown)
Setyorini, Noni (Unknown)
Kurniawan, Bayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat melamar kerja freshgraduate di Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah freshgraduate yang ada di Kota Semarang dengan jumlah sampel sebanyak 140 responden. Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian menggunakan metode kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah e-Recruitment (X1), kompensasi (X2), lingkungan kerja (X3), reputasi perusahaan (X4), minat melamar kerja (Y). Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan metode purposive sampling dengan membagikan kuesioner kepada freshgraduate yang memenuhi syarat yang telah ditentukan. Analisis yang digunakan menggunakan regresi linear dengan menggunakan SPSS V.20, lalu menarik kesimpulan berdasarkan hasil olah data tersebut. Uji pengaruh langsung menunjukkan bahwa e-Recruitment memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat melamar pekerjaan. kompensasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat melamar, lingkungan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat melamar kerja, reputasi perusahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat melamar kerja. Keempat variabel independen yaitu e-recruitment, kompensasi, lingkungan kerja, dan reputasi perusahaan berpengaruh 33,3%. Sedangkan 66,7 % lainnya di jelaskan oleh variabel lain diluar penelitian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jibeka

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Aim and Scope of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of business, economics, and education JIBEKA: Jurnal Manajemen Bisnis dan Ekonomi Kreatif, particularly focuses on the main problems in the business, ...