MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi dan Kolaborasi
Vol. 4 No. 1: April 2023

Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi SPLDV di SMP Negeri 2 Langowan

Tendean, Livinia (Unknown)
Tilaar, Anetha L.F. (Unknown)
Kumesan, Selfie L. (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan yang dilakukan selama PPL 2 di SMP Negeri 2 Langowan dimana akibat pandemi covid-19 menyebabkan kurangnnya tatap muka sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model blended learning dan pembelajaran konvensional pada materi SPLDV. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, dengan desain penelitian Quasi Experiment Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Langowan dengan jumlah 82 siswa. Sampel yang digunakan diambil dari 2 kelas yang normal dan homogen, yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen sebanyak 27 siswa dan kelas VIII C sebagai kelas control sebanyak 25 siswa. Data hasil penelitian dihitung menggunakan microsoft excel dengan uji-t dan menunjukan bahwa nilai thitung = 6,963072781 > ttabel = 2,008559072 dengan taraf nyata α = 0,05 ini berarti H0 ditolak. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran blended learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi pokok SPLDV di SMP Negeri 2 Langowan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

marisekola

Publisher

Subject

Mathematics

Description

1) Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2) Desain Pembelajaran Matematika, 3) Penerapan Model/Pendekatan/Metode/Strategi Pembelajaran Matematika, 4). Media Pembelajaran Matematika, 5) Evaluasi Pembelajaran Matematika, 6) Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika, 7) Kreativitas dan ...