Pedagogy: Journal of Multidisciplinary Education
Vol. 2 No. 1 (2025): Mei 2025

Diagnostik Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Operasi Bilangan Bulat SMPN 7 Sinjai

Nurazizah, Nurazizah (Unknown)
Nurjannah, Nurjannah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui diagnosis kesulitan belajar siswa kelas VII SMP 7 Sinjai mengenai operasi bilangan bulat pada pelajaran matematika. Penelitian dilakukan dengan mengunakan pendekatan kualitatif. Populasi yang diteliti adalah seluruh siswa kelas VII SMP 7 Sinjai. Dua siswa, SAN dan AB, dipilih sebagai subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Dengan demikian jenis kelamin dari subjek tersebut adalah jenis kelamin perempuan dan laki-laki dan mempunyai pemahaman matematika rata-rata serta respon yang cukup baik. Teknik pengumpulan dataunakan terdiri dari dua yaitu tes diagnostik dan wawancara.  Tes diagnostik berisi soal-soal matematika, soal terdiri dari empat nomor soal. Wawancara dilakukan untuk menggali informasi lebih mendalam terkait hasil jawaban tes yang telah diberikan kepada subjek. Subjek penelitian mengalami dua jenis kesulitan. Pertama, kurang teliti dalam mengerjakan soal, terutama pada operasi pengurangan. Kedua, ketergantungan pada kalkulator, yang terlihat dari hasil jawaban pada soal perkalian dan temuan dalam wawancar. Hal yang dapat mengatasi kesulitan tersebut adalah Guru sebaiknya sering memberikan latihan soal, sementara subjek perlu lebih fokus pada pemahaman proses pengerjaan daripada hanya mengejar kecepatan menyelesaikan soal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Pedagogy

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

This journal publishes research articles on various innovation education that are interesting and have an impact on the development of education. The journal publishes articles on interdisciplinary content and cross-field dimensions related to education from various cultural perspectives. The ...