Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode socratic circles terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran IPAS Kelas IV di SD Negeri 3 Sinjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas IV di SD Negeri 3 Sinjai yang berjumlah 41 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Adapun metode pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini didasarkan pada analisis t-test (paired sample t-test) dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000. Nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari 0.05 atau 0.000 < 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode socratic circles efektif digunakan terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran IPAS Kelas IV di SD Negeri 3 Sinjai.
Copyrights © 2025