Perbedaan antara realisasi dan kemungkinan wakaf uang dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan betapa menariknya minat masyarakat untuk wakaf uang. Mengingat besarnya potensi wakaf uang yang ada dan fakta bahwa 87% orang Indonesia beragama Islam, realisasi yang hanya mencapai 1% ini sangat mengecewakan. Adapun dalam memunculkan minat berwakaf dapat dipengaruhi oleh faktor pengetahuan dan tingkat religiusitas yang dimiliki oleh masing-masing individu. Literasi berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat muslim berwakaf uang, artinya jika variabel literasi ditingkatkan maka minat masyarakat muslim berwakaf uang akan meningkat. Adapun tujuan penelitian ini untuk pertama, menjelaskan bagaimana upaya literasi wakaf dapat meningkatkan kesadaran wakif untuk berwakaf melalui konten digital society 5.0. Kedua, menjelaskan kemudahan, pengetahuan dan mampu mengajak wakif untuk berwakaf. Adapun salah satu konsep yang turut mendukung lingkungan kerja Society 5.0adalah co-creation. Apabila tingkat literasi wakaf melalui konten digital di masyarakat menunjukan hal yang positif, maka kesadaran masyarakat dalam berwakaf uang akan semakin meningkat.
Copyrights © 2023