Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan efektifitas dari media e-modul berbasis android pada materi momentum dan impuls di SMA Negeri 14 Medan. Metode Pengembangan yang digunakan adalah 4D. Subjek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 14 Medan yang terdiri dari 35 orang. Dan objek penelitian berupa e-modul berbasis android pada materi Momentum dan Impuls. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan angket validasi dan instrument test . Hasil validasi media dan materi yang dikembangkan secara keseluruhan menunjukkan tingkat kelayakan media sebesar 90.27% dan kelayakan materi sebesar 98.80% dengan kategori sangat layak. Kemudian tingkat kepraktisan dapat dilihat dari respon guru dan peserta didik, untuk respon guru sebesar 89% dengan kategori sangat baik, dan respon peserta didik sebesar 89.13% dengan kategori sangat baik. Adapun hasil uji n-gain, mendapat skor n-gain 0.93 dan persentase n-gain sebesar 92.71% dengan kategori efektif. Dengan ini bahwa e-modul fisika yang dikembangkan dinyatakan efektif untuk digunakan pada pembelajaran fisika.Kata Kunci: e-modul, android, pengembangan.
Copyrights © 2024