Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh agresivitas pajak, kepemilikan publik, dan ukuranperusahaan terhadap nilai perusahaan melalui luas pengungkapan corporate social responsibility sebagai variabelintervening. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 42 perusahaan industri barang konsumsi yangterdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2017.Penentuan sampel menggunakan metode purposivesampling.Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 21 perusahaan.Data yang digunakan adalah laporan tahunanyang diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia.Teknik analisis menggunakan analisis jalur (path analysis)dengan bantuan program SPSS versi 23.Hasil penelitian menunjukkan agresivitas pajak tidak berpengaruh terhadapnilai perusahaan, sedangkan kepemilikan publik, ukuran perusahaan, dan luas pengungkapan CSR berpengaruhsignifikan terhadap nilai perusahaan. Selain itu, agresivitas pajak dan kepemilikan publik tidak berpengaruh terhadapluas pengungkapan CSR, sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap luas pengungkapan CSR.Hasil penelitian ini juga menunjukkan luas pengungkapan CSR dapat memediasi secara penuh pengaruh agresivitaspajak dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Namun tidak dapat memediasi pengaruh kepemilikanpublik terhadap nilai perusahaan.
Copyrights © 2019