Jaminan kesehatan merupakan salah satu hak yang harus dimiliki oleh seluruh warga negara Indonesia, salah satu upaya pemerintah dalam memberikan hak tersebut adalah dengan memberikan Program BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan. Namun fenomena yang terjadi terdapat perbedaan pelayanan kesehatan pada pasien jalur umum dengan pasien BPJS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pelayanan kesehatan (Tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan di rumah sakit Harapan Sehat Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan cross sectional yang dilaksanakan pada Bulan Oktober 2022. Populasi sebanyak 1500 pasien. Sampel dengan metode Proporsional Random Sampling sebanyak 94 responden rawat jalan. Analisis data menggunakan uji Chi Square dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 26. Hasil penelitian univariat menunjukkan tangible baik sebesar 56,4%, reliability baik sebesar 79,8%, responsivness baik sebesar 69,1%, assurance baik sebesar 63,8%, empathy baik sebesar 63,8% dan kepuasan pelayanan baik sebesar 74,5%. Hasil uji bivariat adalah terdapat hubungan signifikan tangible (P=0,008), reliability (P=0,000), responsiveness (P=0,004), assurance (P=0,000) dan empathy (P=0,000) terhadap kepuasan pasien Pengguna BPJS di Rumah Sakit Harapan Sehat Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat.
Copyrights © 2024