Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) penguatan personal branding dilaksanakan di SMK Bisnis dan Teknologi (Bistek) Kota Bekasi sebagai upaya strategis untuk meningkatkan daya saing lulusan SMK kelas 12 di tengah tingginya persaingan dunia kerja. Tujuan kegiatan adalah mengatasi permasalahan utama siswa, yaitu kurangnya pemahaman tentang personal branding, minimnya keterampilan menyusun curriculum vitae dan portofolio digital, serta kesenjangan kompetensi soft skills dengan kebutuhan industri. Metode Participatory Action Research (PAR) adanya problematika yang ada dan dilaksanakan secara partisipatif dengan kegiatan utama sosialisasi interaktif pengenalan konsep personal branding, pelatihan penyusunan curriculum vitae & portofolio digital. Hasil pretest sebesar “32%” dan post test sebesar “89%” menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang signifikan. Hasil anlisa angket kepuasan terhadap keseluruhan kegiatan pelatihan adalah “60%” menyatakan “sangat puas”, “32%” menyatakan “puas.” dan “8%” menyatakan “cukup puas,” membuktikan bahwa pembekalan soft skills dan literasi dan pelatihan personal branding tidak hanya meningkatkan kesiapan kerja siswa, tetapi juga memperkuat sinergi antara sekolah dan industri. Rekomendasi berkelanjutan mencakup pelatihan terjadwal, pendampingan alumni, serta perluasan jejaring dengan dunia usaha
Copyrights © 2025