Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa Program Studi PPKn pada Mata kuliah Teori Hukum dan Konstitusi melalui Lesson Study. Adapun subyek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Angkatan 2013 yang menempuh mata kuliah Teori Hukum dan Konstitusi yang berjumlah 18 orang. Pengimplementasian lesson study ini dilakukan dalam 4 kali putaran. Mengenai materi perkuliahan adalah HAM dan Konstitusi, Negara dan Konstitusi, Amandemen UUD NRI 1945 serta Sistem Pemilukada berdasarkan Konstitusi. Model Pembelajaran yang digunakan adalah Group Investigation (GI), sedangkan Metode pembelajaran yang dipilih yaitu menerapkan metode ceramah interaktif, Debat, diskusi kelompok dan tanya jawab, Jigsaw Learning, Focus Group discusion (FGD). Indikator kemandirian belajar yang diamati adalah hasil aktifitas belajar yang meliputi mempelajari materi yang akan dipelajari dengan sendirinya, bertanya kepada dosen bila merasa kesulitan dan menjawab pertanyaan dosen, berdiskusi dengan kelompok, menanggapi dan bertanya saat presentasi. melakukan diskusi dalam kelompoknya.
Copyrights © 2014