Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara budaya organisasi terhadap kinerja individual dan kepuasan pelanggan serta peran employee engagement sebagai pemediasi di instalasi farmasi rumah sakit. Sebanyak 100 karyawan dan 100 pelanggan instalasi farmasi rumah sakit menjadi responden. Penelitian ini menggunakan kuesioner dan teknik partial least square. Hasil penelitian menunjukkan terdapat signifikansi antara budaya organisasi terhadap employee engagement (nilai t (18,16)>ttabel (1,64)), budaya organisasi terhadap kepuasan pelanggan (nilai t (2,37)>t-tabel (1,64)), employee engagement terhadap kinerja individual (nilai t (2,24)>t-tabel (1,64)) dan employee engagement terhadap kepuasan pelanggan (nilai t (3,26)>t-tabel (1,64)). Selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara budaya organisasi dan kinerja individual (nilai t (1,17)ttable (1.64)), organization culture and customer satisfaction (t values (2.37)>t-table (1.64)), employee engagement and customer satisfaction (t value (3.26)>t-table (1.64)). In addition, the results show that there is no significant influence between organization culture and individual performance (t values (1.17)
Copyrights © 2013