Program magang dan pelatihan oleh mahasiswa perguruan tinggi di suatu instansi bertujuan untuk pengembangan kapasitas dan kualitas pendidikan. Tingkat keberhasilan kegiatan magang dan pelatihan diukur berdasarkan evaluasi impresi mahasiswa terhadap instansi lokasi magang. Tujuan dari penelitian terhadap tingkat impresi mahasiswa terhadap program magang bidang riset kelautan dan perikanan di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) adalah untuk mengetahui keberhasilan program magang yang disediakan KKP terhadap peserta magang. Penentuan impresi tersebut menggunakan survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Responden terdiri dari peserta magang (mahasiswa) dan pengguna (pembimbing serta staf pelayanan teknis KKP). Tingkat kepuasan mahasiswa dinilai menggunakan empat dimensi aspek, meliputi aspek tangibles, reliability, assurance dan transparency, sedangkan tingkat kepuasan pengguna menggunakan tiga parameter penilaian yaitu kompetensi profesional, personal dan sosial. Seluruh parameter penentuan tingkat impresi berdasarkan pengisian beberapa pertanyaan melalui kanal googleform. Seluruh hasil pengisian diolah secara statistik dengan metode regresi linear. Tingkap impresi mahasiswa pada aspek tangibles, reliability dan assurance secara umum masuk kategori sangat puas dengan persentase 43,75%, 61,90% dan 53,57%. Pada aspek transparency, responden tertinggi 46,87% memilih kategori puas. Berdasarkan tingkat impresi pengguna magang terlihat bahwa kategori cukup puas mendominasi dari tiga kompetensi yang dinilaikan dengan persentase 60% (kompetensi profesional dan personal), dan 55% pada kompetensi sosial. Variabel kendala pelaksanaan program magang dan pelatihan (X2) dan solusi mengatasi kendala magang dan pelatihan (X3) memiliki peran penting dan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan dan keberhasilan kegiatan magang mahasiswa di Loka Riset Sumberdaya dan Kerentanan Pesisir (LRSDKP). Workshop and internship programs performed by university students in an institution aim to develop their capacity and quality. The success standard for these programs can be evaluated from students’ impressions of the host institution. Research on the impression level of the internship students in the Ministry of Marine Affairs and Fisheries (MMAF) becomes an effective method to determine the triumph of the programs. A survey with a descriptive qualitative approach has been performed. The respondent comprises of internship participants and users. The student satisfaction level was examined based on tangibles, reliability, assurance, and transparency aspects and for determining user satisfaction, professional, personal, and social aspects were assessed. A Google form survey was used and the data was then analyzed statistically. Generally, students are very satisfied, with a percentage of 43.75%, 61.90%, and 53.57% for tangibles, reliability, and assurance parameters, respectively. Furthermore, for the transparency parameter, students are satisfied, with 46.87%. On the other hand, based on the users, they are sufficiently satisfied, with 60% for professional and personal competencies and 55% for social competency. The “obstacles” (X2) and “solution” (X3) variables played a significant role in the satisfaction of internship and workshop programs at the Coastal Resources and Vulnerability Research Center RICRV.
Copyrights © 2024