SURAKARTA ABDIMAS JOURNAL
Vol 2, No 1 (2023): Juli 2023

PENDAMPINGAN DAN PEMBINAAN ANALIS PASAR IKM GERABAH/ KERAMIK DI DESA MELIKAN KECAMATAN WEDI KABUPATEN KLATEN

Titik Purwanti (Unknown)
Agung N. Jati (Unknown)
Oki Kuntaryanto (Unknown)
Syarifah Aini (Unknown)
Luklukaningsih (Unknown)
Anna Febrianty (Unknown)
Anis Marjukah (Unknown)
Abdul Haris (Unknown)
Kun Ismawati (Unknown)
Endang Wulandari (Unknown)
Nawang Kalbuana (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2025

Abstract

Pemasaran gerabah semakin membaik dikarenakan penerus IKM tersebut yang sudah tidak gagap teknologi lagi, mereka sudah melakukan penjualan melalui berbagai media sosial, bahkan terdapat pengusaha gerabah muda yang telah mampu dan konsen terhadap penjualan gerabahnya ke luar negeri, meski standar gerabah untuk ekspor harus memenuhi syarat dan sstandar yang tinggi, sehingga membutuhkan ketelatenan juga kehati-hatian dalam pembuatannya. Permasalahan yang dialami mitra adalah 1) Desa Melikan mempunyai potensi dalam mengembangkan produk gerabah apalagi gerabah merupakan salah satu brand image Klaten (tepatnya desa Melikan Wedi), bagaimana menyiapkan strategi pemasaran yang efektif, 2) Gerabah di Desa Melikan, Kecamatan Wedi, masih berpotensi dan masih eksis keberadaannya, untuk itu perlu di dukung bagaimana pemasaran gerabah dapat ditingkatkan sehingga mempercepat pertumbuhan, 3) bagaimana agar IKM gerabah Melikan Wedi mampu bersaing dengan pesaing. Tujuan Pendampingan dan pembinaan ini adalah 1) menyiapkan strategi pemasaran yang efektif, 2) mempercepat pertumbuhan, 3) mampu bersaing dengan kompetitor. Metode yang diterapkan untuk mengatasi permasalahan mitra adalah a) memberikan bekal pendidikan pendampingan, pelatihan pembinaan agar IKM Gerabah Melikan mampu menganalis pemasarannya, b) terselenggaranya pendampingan, pelatihan cara pemasaran yang lebih baik untuk menghasilkan pemasaran yang lebih efektif, c) memberikan pelatihan kepada SDM gerabah agar mampu menguatkan SDM IKM Gerabah Melikan mampu bersaing dengan pesaing gerabah yang lain. Target dan luaran yang dicapai dalam program pendampingan dan pembinaan ini adalah memberikan identitas sebagai pengrajin gerabah yang mampu bersaing dan tetap tumbuh berkembang menjadi IKM gerabag yang solid, memberi arah dan panduan untuk memfokuskan program analis pemasaran gerabah dan pembinaan para pemangku kepentingan selain itu juga efektivitas pemasaran gerabah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

saj

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Surakarta Abdimas Journal (SAJ) adalah Jurnal Pengabdian Masyarakat yang dikelola oleh Fakultas Ekonomi Universitas Surakarta (UNSA). Terbit selama dua kali setahun yakni bulan Desember dan Juli. SAJ memuat hasil pengabdian masyarakat berbagai bidang keilmuan dari para praktisi dan ...