Persaingan organisasi tidak hanya terjadi pada perusahaan bisnis saja namun hingga pada tingkat perguruan tinggi. Semakin banyaknya ekspansi dari kampus negeri maupun swasta menyebabkan setiap kampus perlu melakukan pendekatan yang kreatif dan inovatif. Kampus X sebagai salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Timur juga terdorong untuk segera bertindak menyesuaikan dengan kondisi iklim persaingan yang semakin ketat. Pada penelitian ini akan diteliti mengenai pengaruh dari bauran pemasaran dengan menggunakan model Situation Analysis, Objectives, Strategy, Tactics, Action dan Control (SOSTAC) sebagai upaya untuk mendukung pengambilan keputusan penentuan strategi digital yang tepat. Penelitian ini menggunakan model kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara kepada informan. nforman yang digunakan adalah staf penerimaan mahasiswa baru pada kampus X. Hasil yang didapatkan adalah dengan model SOSTAC kampus X dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan yang mereka miliki dan dapat melakukan peningkatan terhadap strategi yang saat ini telah berjalan agar menjadi lebih baik lagi dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Organizational competition occurs not only in business companies but also at the university level. The increasing number of expansions from public and private campuses means that each campus needs to take a creative and innovative approach. Campus X, one of private universities in East Java, is also encouraged to act immediately to adapt to increasingly tight competitive conditions. In this research, the influence of the marketing mix was examined using the SOSTAC model as an effort to support decision-making in determining the right digital strategy. This research uses a descriptive qualitative model by conducting interviews with informants, where the informants used were new student admissions staff at campus X. The results are, with the SOSTAC model, Campus X can find the strengths and weaknesses they have and improve the current strategy so that it becomes even better and in line with the goals to be achieved.
Copyrights © 2024