Peningkatan keterampilan kreatif dan berpikir kritis merupakan kebutuhan penting dalam menghadapi tantangan masa depan yang berkelanjutan. Pendidikan vokasi memiliki peran strategis dalam membekali peserta didik dengan kemampuan yang relevan untuk menjawab kebutuhan dunia kerja sekaligus mendukung pembangunan berkelanjutan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas kegiatan Expo FIRST 2024 sebagai sarana pengembangan keterampilan kreatif dan berpikir kritis dalam konteks pendidikan vokasi. Expo FIRST 2024 dirancang sebagai platform kolaboratif yang mempertemukan siswa maupun mahasiswa, pendidik dosen dan guru, dan pelaku industri untuk berbagi inovasi, memperluas wawasan, dan membangun jejaring. Metode kegiatan ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan observasi, wawancara, dan survei sebagai instrumen utama. Data dikumpulkan dari peserta expo, termasuk siswa maupun mahasiswa dari berbagai program vokasi, pendidik baik guru maupun dosen, serta perwakilan industri. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan ini meningkatkan kemampuan kreatif dan berpikir kritis siswa maupun mahasiswa melalui inovasi yang dipamerkan. Temuan juga mengungkapkan adanya peningkatan minat siswa, mahasiswa, dosen, dan praktisi terhadap isu-isu keberlanjutan, yang mencerminkan dampak positif dari expo dalam membangun kesadaran lingkungan. Kesimpulan dari kegiatan Expo FIRST 2024 berkontribusi dalam mendukung pendidikan vokasi sebagai instrumen pengembangan keterampilan yang relevan dengan masa depan berkelanjutan. Rekomendasi mencakup pengintegrasian kegiatan serupa secara rutin dalam kurikulum pendidikan vokasi untuk memperkuat dampak jangka panjang.
Copyrights © 2024