Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor penyebab kesulitan belajar fisika pada siswa kelas X di SMA Negeri 3 Sukoharjo. Pendekatan kualitatif digunakan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai permasalahan yang dihadapi siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan siswa, guru, dan orang tua, serta observasi di dalam kelas. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara tematik untuk mengidentifikasi pola-pola dan tema-tema yang muncul terkait dengan penyebab kesulitan belajar fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kesulitan belajar fisika pada siswa, antara lain faktor internal siswa seperti motivasi belajar yang rendah, minat yang kurang terhadap mata pelajaran fisika, kemampuan kognitif yang terbatas, dan permasalahan kesehatan; faktor eksternal dari lingkungankeluarga seperti kurangnya dukungan dan stimulasi intelektual dari orang tua; serta faktor eksternal dari lingkungan sekolah seperti metode pembelajaran guru yang kurang menarik dan kurangnya fasilitas belajar yang memadai. Selain itu, hasil penelitian juga mengindikasikan bahwa integrasi teknologi dalam pembelajaran (Technological Pedagogical Content Knowledge/TPACK) masih belum optimal dilakukan oleh guru fisika di sekolah tersebut. Penggunaan teknologi yang tepat dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep fisika yang abstrak. Berdasarkan temuan penelitian, rekomendasi yang dapat diberikan antara lain peningkatan motivasi belajar dan minatsiswa, dukungan orang tua, perbaikan metode pembelajaran guru dengan memanfaatkan teknologi secara optimal, serta penyediaan fasilitas belajar yang memadai. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran fisika dan membantu siswa mengatasi kesulitan belajar di SMA Negeri 3 Sukoharjo. Kata Kunci : Kesulitan belajar fisika, Faktor internal siswa, Faktor eksternal keluarga, Faktor eksternal sekolah, Teknologi dalam pembelajaran (TPACK), Pembelajaran fisika.
Copyrights © 2024