Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 3 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research (Special Issue)

Pengaruh Penerapan Alat Peraga Papan Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN 04 Koto Baru

Darniyanti, Yulia (Unknown)
Sapur, Siti (Unknown)
Fitri, Alchonity Harika (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan alat peraga papan perkalian terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III di SD Negeri 04 Koto Baru Pelajaran 2013/2024. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode One-Group Pretest-Posstes Design. Subjek dalam penelitian ini adalah 13 orang yang diberi perlakuan menggunakan media papan papan perkalian. Penulis menggunakan metode One-Group Pretest-Posstes Design. Berdasarkan hasil pretest dan posttest siswa kelas III, post-test lebih tinggi dibandingkan dengan hasil pretest siswa, ketuntasan klasikal pada posttest siswa lebih tinggi yaitu sebesar 77,5 dibandingkan dengan pretest sebesar 73,75. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji t didapatkan thitung = 0,187 dengan df = 14 sig.(2-tailed) pada 0,001 < α (0,05) sehingga disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh penerapan alat peraga papan perkalian terhadap hasil belajar matematika materi perkalian pada siswa kelas III SD Negeri 04 Koto Baru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...