Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Pemasaran Terhadap Penjualan Pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021

Nainggolan, Lidia (Unknown)
Lores, Linda (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh biaya produksi, terhadap penjualan, pengaruh biaya pemasaran terhadap penjualan, dan pengaruh biaya produksi dan biaya pemasaran terhadap penjualan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2019-2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI. Sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus purposive berjumlah 14 perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data skunder. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Regresi Linear Berganda. Pengelolaan data dalam penelitian ini menggunakan program Software SPSS 25. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa biaya produksi berpengaruh negatif terhadap penjualan, biaya pemasaran berpengaruh signifikan terhadap penjualan, dan biaya produksi dan biaya pemasaran berpengaruh signifikan terhadap penjualan. Kata Kunci : Biaya Pemasaran Biaya Penjualan dan Biaya Produksi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...