Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Siswa Melalui Powerpoint Interaktif di Kelas IV SDN Panggung Lor

Milanda Selvia, Fera Shella (Unknown)
Listyarini, Ikha (Unknown)
Wigati, Trinil (Unknown)
Huda, Choirul (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi siswa dalam pembelajaran IPAS khususnya di kelas IV, yang disebabkan oleh sumber belajar yang kurang beragam dan pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan literasi siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah (PBL) yang didukung oleh media PowerPoint interaktif. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Peningkatan proses literasi siswa dapat dilihat dari kemampuan berpikir kritis dan kemandirian literasi siswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL dengan PowerPoint interaktif berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian literasi siswa. Persentase kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dari 56,03% menjadi 79,94%, sementara kemandirian meningkat dari 56,03% menjadi 81,03%. Selain itu, nilai rata-rata siswa juga meningkat dari 55 pada pretest menjadi 83 pada posttest. Kesimpulannya, penggunaan model PBL dengan media PowerPoint interaktif efektif dalam meningkatkan literasi dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...