Riset ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Leraning (PBL) berbantu media papan statistika terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas VI SDN Siwalan. Jenis riset ini ialah riset kuantitatif pre-eksperimental dengan desain one group pre-test posttest design. Pengambilan sampel melalui sistem random sampling. Subjek riset ini yakni siswa kelas VI SDN Siwalan. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Soal tes terdiri dari soal pre-test dan posttest untuk mengukur kemampuan literasi numerasi peserta didik sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Analisis data yang dipakai peneliti yakni uji normalitas dan uji paired samples t-test. Hasil rata-rata pre-test peserta didik yaitu 56,0 dan hasil rata-rata posttest setelah diberikan perlakuan berupa penggunaan model PBL berbantuan media papan statistika yaitu 89,4. Hal tersebut terbukti dengan nilai sig (2-tailed) < 0,05. Sehingga ada pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan media papan statistika terhadap kemampuan literasi numerasi kelas VI SDN Siwalan.
Copyrights © 2024