Masalah dalam penelitian ini adalah adanya rendahnya hasil belajar Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas II SD Negeri 1 Sindanghayu. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih menggunakan model konvensional sehingga perlu adanya variasi dalam pembelajaran serta mata pelajaran Bahasa Indonesia yang memuat banyak materi sehingga perlu adanya variasi dalam pembelajaran untuk mempermudah siswa meringkas materi yang diberikan oleh guru. Salah satunya yaitu dengan menggunakan media pembelajaran Games Book. Penerapan media pembelajaran Games Book diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang mengarah pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Games Book terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas II SD Negeri 1 Sindanghayu Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah pre eksperimental sedangkan desain dalam penelitian ini menggunakan one group pretest-postest design. Subjek dalam penelitian ini adalah 22 siswa kelas II sebagai kelas pre eksperimental. Instrumen utama yang digunakan adalah tes. Rata-tata nilai yang diperoleh pada pre test yaitu 57 .Pada post test mengalami peningkatan yaitu dengan rata-rata nilai 88,64. Hasil analisis data dengan uji-t diperoleh ttabel -9.930 dengan hasil tcount > ttable -1.717 atau -1.717 > -9.930 yang berarti signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Games Book berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Serta terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II di SD Negeri 1 Sindanghayu.
Copyrights © 2024