Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas datum palne dalam modul gambar Teknik yang diterapkan pada proses penyelenggaraan pengayaan materi gambar tekink. Untuk model yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D), dengan acuan 4D (Define, Design, Development, dissemnitaion). Subjek dari penelitian ini adalah ahli materi dan ahli media sedangkan objek dari penelitian ini adalah peserta didik kompetensi keahlian teknik otomotif SMK Negeri 55 Jakarta. Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan observasi, wawancara untuk menganalisis kebutuhan modul, angket dan pretest-posttest. Untuk uji kelayakan modul dalam penelitian ini dilakukan pada empat responden yaitu dosen ahli materi, guru ahli materi, ahli media dan angket peserta didik didapatkan total nilai sebesar 3,63 dengan kreterua sangat layak . Sedangkan untuk mengetahui efektivitas modul didalam penelitian yaitu instrument pretest-posttest pada kellompok kecil nilai pretest sebesar 15,33 dan posttest sebesar 68,17. Dari uji statistik normalitas dan homogenitas data termasuk parametrik sehigga dapat di uji t mendapatkan hasil signifikan terdapat perbedaan yang dapat menyimpulkan media dan modul sangat efektif digunakan di SMKN 55 Jakarta.
Copyrights © 2024