Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Strategi dan Metode Pengajaran Edukator dalam Mencapai Keberhasilan Literasi Informasi Pengunjung di Museum Gedung Sate

Prameswari, Emilia Angelina (Unknown)
Rachmawati, Tine Silvana (Unknown)
Perdana, Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi dan metode pengajaran edukator dalam mencapai keberhasilan literasi informasi pengunjung di Museum Gedung Sate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa edukator di Museum Gedung Sate memainkan peran penting dalam mengedukasi pengunjung melalui berbagai aktivitas. Edukator secara aktif melaksanakan kegiatan edukasi yang mencakup persiapan, tahapan inti edukasi, dan evaluasi. Tahapan inti edukasi terdiri dari pembukaan, penjelasan materi, dan penutup. Selain itu, edukator menerapkan berbagai strategi untuk menyesuaikan gaya bahasa dan materi dengan latar belakang pengunjung, berinteraksi dengan pengunjung, mengikuti tren terkini, dan bersikap menyenangkan. Strategi ini bertujuan untuk meningkatkan literasi informasi pengunjung. Edukator juga menggunakan metode pengajaran yang disesuaikan dengan preferensi pengunjung, seperti ceramah, diskusi, dan pembelajaran eksperiensial. Metode ini membantu edukator menyampaikan materi dengan lebih efektif, sehingga meningkatkan pemahaman pengunjung dan mendukung keberhasilan literasi informasi di Museum Gedung Sate.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...