Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas V SDN Pedurungan Kidul 02 Semarang

Adelia, Astari Putri (Unknown)
Listyarini, Ikha (Unknown)
Rochmawati, Dina (Unknown)
Untari, Mei Fita Asri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan literasi matematika ditinjau dari gaya belajar. Penelitian dilakukan di SDN Pedurungan Kidul 02 Semarang dengan menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Dari 26 siswa, tiga orang dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik yang menjadi subjek penelitian ini. Angket gaya belajar dan soal tes literasi matematika digunakan sebagai instrumen penelitian. Model Milles dan Hubberman digunakan untuk menganalisis proses reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan pengambilan keputusan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan literasi matematika yang baik dengan gaya belajar visual.  Gaya belajar audiotori dengan keterangan cukup. Dan gaya belajar  kinestetik dengan keterangan perlu bimbingan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa gaya belajar audiotori lebih efektif daripada gaya belajar lainnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...