Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan pelaku UMKM dalam memenangkan pasar dan menarik perhatian konsumen adalah dengan adanya celebrity endorser. Dengan menjadikan celebrity sebagai ikon produk sangat berpengaruh dalam meningkatkan purchase intention pada konsumen, khususnya generasi milineal. Penggunaan selebriti yang tepat dapat memudahkan para produsen atau UKM untuk membangun brand Image produk yang sangat baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak celebrity endorsement dan online consumer review terhadap purchase intention pada marketpace Shoppe (Studi Kasus: generasi milennials di Kota Medan). Populasi dalam penelitian ini adalah generasi milenial yang menggunakan marketplace Shopee untuk berbelanja online selama 6 bulan terakhir yang berdomisili di Kota Medan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan besar sampling pada penelitian ini sebanyak 384 responden. Metode pengumpulan data penelitian ini berupa kuesioner yang akan disebarkan kepada para generasi milineal di kota Medan yang menggunakan shopee dengan menggunakan pengukuran Skala Likert. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yaitu dengan penyebaran kuesioner kepada responden untuk memecahkan masalah dan analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan SEM-PLS dengan pengolohan data menggunakan alat bantu software SPSS versi 24. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Celebrity Endorsement, Online Consumer Review berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention Pada Marketpace Shoppe (Studi Kasus: Generasi Milennials Di Kota Medan).
Copyrights © 2024