Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Penerapan Pendekatan TARL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Bantuan Media Quizizz Di Kelas I SD Negeri 067240 Medan Tembung

Harahap, Alfi Rahmi (Unknown)
Nur Alamsyah, Bambang (Unknown)
Mushlihuddin, Rahmat (Unknown)
Purba, Enniy (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Dalam kurikulum merdeka, guru dituntut aktif dan kreatif saat merancang dan melaksanakan pembelajaran. Kurikulum merdeka menekankan pada kebebasan dalam belajar sesuai dengan potensi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan TaRL berbantuan media quizizz pada mata pelajaran matematika di kelas 1A SD Negeri 067240 Medan Tembung. Selain itu, dalam pembelajaran matematika masih banyak peserta didik yang kesulitan dalam penjumlahan dan pengurangan khususnya di kelas I. Untuk itu peneliti melakukan penelitian dengan memperhatikah karakteristik dan kemampuan peserta didik dalam belajar yaitu dengan menerapkan pendekatan TaRL. Selain dengan menerapkan pendekatan TaRL, peneliti juga memanfaatkan media atau platform digital yaitu media quizizz sebagai sarana pendukung yang lebih menarik dalam proses pembelajaran sehingga hasil yang diharapkan akan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Adapun Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian adalah peserta didik kelas 1A SD Negeri 067240 Medan Tembung dengan jumlah peserta didik 25 peserta didik yang terdiri dari 13 peserta didik perempuan dan 12 peserta didik laki-laki. Pada penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Dari hasil nilai yang diperoleh pada kegiatan pra siklus didapatkan rata-rata nilai 66 dimana 10 peserta didik atau 40% dari keseluruhan sudah tuntas dalam belajar. Pada siklus I didapatkan rata-rata nilai peserta didik sebesar 78 dengan 15 peserta didik atau berkisar 60% peserta didik sudah mencapai ketuntasan hasil belajar. Selain itu pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh oleh peserta didik adalah 88 dimana 23 peserta didik atau 92% peserta didik telah tuntas dalam belajar. Sebagaimana ketetapan indikator keberhasilan belajar peserta didik dalam KKM adalah 70 dan tingkat pemenuhan hasil belajar peserta didik setelah dilakukan penelitan telah mencapai nilai KKM. Oleh karena itu, pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan Teaching at the right Level dengan bantuan media quizizz dapat dinyatakan berhasil. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...