Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Peran Digital Marketing untuk Meningkatkan Keputusan Pembelian Produk Charcoal (Studi pada Optima Arang Briket)

Ramadlon, Bagus Iqbal (Unknown)
Puspitasari, Diana (Unknown)
Nur Chasanah, Amalia (Unknown)
H, Guruh Taufan (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran digital marketing baik secara bersama-sama maupun parsial serta untuk mengetahui variable yang berpengaruh dominan terhadap peningkatan penjualan pada Charcoal Optima Arang Briket. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Brand Image (X1), trust (X2), Social Media Marketing (X3), Sedangkan variabel dependen adalah Buying Decision (Y). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kuantitatif dengan menggunakan sampel sebanyak 120 responden konsumen Optima Arang Briket, Pengambilan sampel menggunakan teknik Cochran. metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software computer SPSS 26 for Windows. Variabel independen secara bersama-sama memengaruhi peningkatan penjualan menurut uji F, menjelaskan 83,8% variabilitas sisanya sebesar 16,2% dipengaruhi oleh sebab lain. Peran Brand Image berdampak positif dan signifikan, demikian juga peran trust berdampak positif dan signifikan, Peran Sosial Media Marketing juga memberi dampak positif, menandakan pentingnya peran trust, Market Place, serta Sosial Media Marketing untuk peningkatan Buying Decision charcoal arang briket. Kesimpulannya peran Brand Image, trust, serta Social Media Marketing sangat mempengaruhi peningkatan Buying Decision charcoal arang briket.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...