Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguatkan kemampuan literasi berbicara siswa kelas 1 di SDN Gajahmungkur 04 melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Menggunakan metode kuantitatif deskriptif, penelitian ini membandingkan kemampuan literasi berbicara si108swa sebelum dan sesudah penerapan model PBL. Temuan penelitian memperlihatkan adanya kemajuan pada kemampuan literasi berbicara siswa setelah penerapan model PBL. Sebelum perlakuan, hanya 7% siswa berada dalam kategori sangat baik, sedangkan setelah perlakuan meningkat menjadi 30%. Penerapan model PBL juga meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran, terlihat dari antusiasme mereka dalam menjawab pertanyaan, berdiskusi, dan mempresentasikan ide. Kegiatan berdiskusi dan presentasi dalam model PBL terbukti efektif dalam menguatkan literasi berbicara siswa. Kesimpulannya, PBL terbukti sebagai strategi yang efektif untuk mempertajam literasi berbicara siswa kelas 1 sekolah dasar.
Copyrights © 2024