Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Penerapan Model Problem Based Learning dalam Menguatkan Literasi Siswa Kelas 1 di SDN Gajahmungkur 04

Zulfa, Amelia Fadillatuz (Unknown)
Wahkiyudin, Husni (Unknown)
Suprihatini, Ganis (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguatkan kemampuan literasi berbicara siswa kelas 1 di SDN Gajahmungkur 04 melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Menggunakan metode kuantitatif deskriptif, penelitian ini membandingkan kemampuan literasi berbicara si108swa sebelum dan sesudah penerapan model PBL. Temuan penelitian memperlihatkan adanya kemajuan pada kemampuan literasi berbicara siswa setelah penerapan model PBL. Sebelum perlakuan, hanya 7% siswa berada dalam kategori sangat baik, sedangkan setelah perlakuan meningkat menjadi 30%. Penerapan model PBL juga meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran, terlihat dari antusiasme mereka dalam menjawab pertanyaan, berdiskusi, dan mempresentasikan ide. Kegiatan berdiskusi dan presentasi dalam model PBL terbukti efektif dalam menguatkan literasi berbicara siswa. Kesimpulannya, PBL terbukti sebagai strategi yang efektif untuk mempertajam literasi berbicara siswa kelas 1 sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...