Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

The Effect of Using Podcast Of Spotify In Improving Listening Students’ Ability at SMA Yadinu Masbagik

Iddiyaturrohmah, Mahyam (Unknown)
Fikni, Zahratul (Unknown)
Masyuroh, Siti (Unknown)
Husnu, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji efek penggunaan podcast Spotify dalam meningkatkan keterampilan mendengarkan di kalangan pelajar. Metode penelitian yang digunakan adalah desain pra-eksperimental, dan data dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelas XI IPA di SMA Yadinu Masbagik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan podcast Spotify secara signifikan meningkatkan keterampilan mendengarkan dan keterlibatan dibandingkan dengan metode pengajaran tradisional. Analisis data mengungkapkan bahwa skor rata-rata pada pre-test adalah 63,00 dengan deviasi standar 6,959. Setelah penerapan podcast Spotify, skor rata-rata pada post-test meningkat menjadi 84,75, sementara deviasi standar menurun menjadi 5,250. Nilai signifikansi hasil penelitian adalah <0,05, yang menunjukkan bahwa perbedaan yang diamati signifikan secara statistik. Dengan demikian, hipotesis penelitian diterima, yang berarti podcast Spotify terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...