Penelitian ini mengkaji efek penggunaan podcast Spotify dalam meningkatkan keterampilan mendengarkan di kalangan pelajar. Metode penelitian yang digunakan adalah desain pra-eksperimental, dan data dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelas XI IPA di SMA Yadinu Masbagik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan podcast Spotify secara signifikan meningkatkan keterampilan mendengarkan dan keterlibatan dibandingkan dengan metode pengajaran tradisional. Analisis data mengungkapkan bahwa skor rata-rata pada pre-test adalah 63,00 dengan deviasi standar 6,959. Setelah penerapan podcast Spotify, skor rata-rata pada post-test meningkat menjadi 84,75, sementara deviasi standar menurun menjadi 5,250. Nilai signifikansi hasil penelitian adalah <0,05, yang menunjukkan bahwa perbedaan yang diamati signifikan secara statistik. Dengan demikian, hipotesis penelitian diterima, yang berarti podcast Spotify terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa.
Copyrights © 2024