Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media PADUDI Terhadap Hasil Belajar Kognitif Materi Analisis Data dan Peluang pada Siswa Kelas V A SDN Mlatiharjo 01 Semarang

Yunirani, Silfi (Unknown)
Roshayanti, Fenny (Unknown)
Afriningsih, Yenny (Unknown)
Prima, Filia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Abstrak Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantu media Padudi terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Mlatiharjo 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Pre-Eksperimental Design dengan model One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik sampling jenuh sehingga sampel yang digunakan sejumlah 28 siswa. Pengumpulan data yang digunakan pada penalitian ini berupa tes soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata pretest 46,4 sedangkan rata-rata postest 83,3. Hasil dari hipotesis yang didapat melalui uji Paired Simple T Test (Uji t) menunjukan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Kesimpulannya, Hasil belajar materi analisis data dan peluang kelas V A SDN Mlatiharjo 01 Semarang meningkat melalui model Problem Based Learning. Kata Kunci: Hasil belajar, Problem Based Learning, Padudi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...