Penelitian ini bertujuan untuk Untuk Mengetahui Pengelolaan Sudut Baca Dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Pada Siswa dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengelolaan Sudut Baca Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kota Gorontalo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Pengelolaan sudut baca di dalam kelas X SMK Negeri 1 Kota Gorontalo memiliki peran yang sangat penting dalam menumbuhkan budaya literasi pada siswa dengan mendesain sudut baca semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian siswa untuk gemar membaca. Salah satu tujuan dari sudut baca yaitu agar siswa dibiasakan untuk selalu membaca buku, sehingga siswa menjadi gemar membaca. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan sudut baca yaitu terdapat Faktor Peran Guru dan Faktor Ketersediaan Buku. Faktor Peran guru dapat membantu menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan memotivasi siswa untuk aktif dalam kegiatan membaca, sehingga meningkatkan kemampuan literasi siswa secara keseluruhan. Sementara Faktor Ketersediaan Buku dalam Pengelolaan sudut baca adalah faktor penting yang mempengaruhi efektivitas lingkungan membaca di sekolah. Guru perlu memperhatikan kualitas buku yang di sediakan, termasuk keadaan fisiknya dan konten yang di sediakan dengan standar pembelajaran. Kata Kunci : Pengelolaan Sudut Baca, Budaya Literasi
Copyrights © 2024