Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 5 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Hubungan Status Gizi dan Perkembangan Kognitif dengan Prestasi Belajar Murid Paud/TK di Wilayah Kerja Puskesmas Wara Selatan Kota Palopo

Hasriana, Hasriana (Unknown)
Ma’rufi, Ma’rufi (Unknown)
Sudirman, Sudirman (Unknown)
Zamli, Zamli (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status gizi dan perkembangan kognitif dengan prestasi belajar murid PAUD/TK di wilayah kerja Puskesmas Wara Selatan, Kota Palopo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional dan melibatkan 80 murid yang dipilih melalui proportionate cluster systematic random sampling. Status gizi diukur menggunakan Indeks Massa Tubuh menurut Umur (IMT/U), perkembangan kognitif diukur dengan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP), dan prestasi belajar diukur melalui nilai rapor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa murid paud/TK di wilayah kerja Puskesmas Wara memiliki status gizi baik (61,3%), perkembangan kognitif sesuai umur (92,5%), dan prestasi belajar yang baik (48,8%). Analisis bivariat menemukan hubungan signifikan antara status gizi dengan prestasi belajar (p < 0,05) dan antara perkembangan kognitif dengan prestasi belajar (p < 0,05). Namun, analisis multivariat menunjukkan bahwa status gizi memiliki hubungan signifikan yang lebih kuat dengan prestasi belajar dibandingkan perkembangan kognitif yang tidak menunjukkan hubungan signifikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...