Latar belakang penelitian ini adalah kenyataan yang menunjukkan rendahnya kualitas pendidikan SD di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Faktor yang memengaruhi kualitas pendidikan diantaranya adalah supervisi akademik, lingkungan kerja, dan motivasi kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh supervisi akademik, lingkungan kerja, dan motivasi kerja terhadap kualitas pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah semua guru sekolah dasar di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora berjumlah 356 guru. Jumlah sampel penelitian 188 guru. Analisis penelitian ini meliputi analisis uji normalitas, uji liniearitas, dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif supervisi akademik terhadap kualitas pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora sebesar 50,4%; (2) terdapat pengaruh positif lingkungan kerja terhadap kualitas pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora sebesar 49,7%; (3) terdapat pengaruh positif motivasi kerja terhadap kualitas pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora sebesar 48,6%; dan (4) terdapat pengaruh positif supervisi akademik, lingkungan kerja, dan motivasi kerja terhadap kualitas pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora sebesar 63,5%.
Copyrights © 2024