Tujuan dari penelitian ini adalah melihat apakah storytelling dapat mengurangi perilaku agresif siswa dengan orang tua tunggal di SD X Bukittinggi. Penelitian ini termasuk quasi eksperimen dengan desain two grup pretest-posttest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 4 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Pada penelitian ini, peneliti menyusun sendiri alat ukur berupa lembar observasi merujuk pada aspek yang dikemukakan oleh Atkinson & Hilgard (dalam Putri, 2019). Hasil dari penelitian ini berdasarkan uji Mann Whitney, didapatkan nilai U hitung yaitu 0 = nilai U tabel yaitu 0 yang artinya terdapat perbedaan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil ini menyimpulkan bahwa storytelling dapat mengurangi perilaku agresif siswa dengan orang tua tunggal di SD X Bukittinggi. Kata Kunci: Perilaku agresif, storytelling, siswa dengan orang tua tunggal
Copyrights © 2024