Pemilihan Presiden Republik Indonesia tahun 2024 menjadi salah satu topik yang paling banyak dibicarakan di media sosial, khususnya di Twitter atau X. Platform ini digunakan oleh masyarakat untuk mengekspresikan opini, pandangan, dan perasaan mereka terkait hasil dari pemilihan presiden RI tahun 2024. Dalam penelitian ini, dilakukan analisis sentimen terhadap tweet yang berkaitan dengan hasil Pemilihan Presiden RI 2024 menggunakan metode Naive Bayes Classifier. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengklasifikasikan sentimen tweet menjadi tiga kategori: positif, negatif, dan netral. Data dikumpulkan dan diproses melalui crawling data, preprocessing data, labelling data, dan implementasi algoritma Naive Bayes. Pengumpulan data menggunakan perangkat lunak Google Colab dengan bahasa pemrograman python. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini mampu mengklasifikasikan sentimen dengan hasil 68% dan 73%.. Temuan dari penelitian telah mendekati dengan hasil survei dari Lembaga Survei Indonesia yang menyatakan 71,2%. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam memajukan studi analisis sentimen di Indonesia, khususnya dalam konteks pemilihan umum.
Copyrights © 2024