Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 5 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Kebijakan Dividen, Profitabilitas dan Sales Growth Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sub-Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2022)

Wirastuti, Anak Agung Ayu Daranita (Unknown)
Yadnyana, I Ketut (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2024

Abstract

Pemegang saham atau investor pada dasarnya memiliki harapan akan memperoleh kemakmuran dan keuntungan yang maksimal saat menanamkan dananya. Nilai perusahaan menjadi salah satu acuan penting dalam melakukan investasi terhadap perusahaan (Kusumawati & Rosady, 2018). Investor akan menilai bahwa nilai perusahaan yang meningkat menunjukan pandangan positif terhadap performa perusahaan yang akan berpengaruh terhadap keputusan investasi (Pangestuti et al., 2022). Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana nilai perusahaan dapat dipengaruhi oleh kebijakan dividen, profitabilitas dan sales growthdengan mengambil judul “Pengaruh Kebijakan Dividen, Profitabilitas, dan Sales growth terhadap Nilai Perusahaan”. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif berbentuk asosiatif. Menurut Sugiyono (2019:35) penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang meneliti populasi atau sampel tertentu dan data yang dianalisis merupakan data kuantitatif dalam menguji hipotesis yang diungkapkan. Penelitian berbentuk asosiatif merupakan penelitian yang bersifat meneliti hubungan antara dua variabel atau lebih (Sugiyono, 2019:105). Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan dan pembahasan hasil penelitian yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, maka dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Kebijakan dividen berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi dividen yang dibagikan kepada pemegang saham maka nilai perusahaan juga akan semakin tinggi; Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Hal ini menunjukan bahwa semakin tinggi tingkat profitabilitas yang dihasilkan perusahaan maka semakin tinggi pula kepercayaan investor terhadap kinerja perusahaan dan akan berdampak kepada meningkatnya nilai perusahaan; Sales growth berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Hal ini menunjukan bahwa pertumbuhan penjualan (sales growth) yang dihasilkan perusahaan semakin tinggi maka nilai perusahaan dalam pandangan investor juga akan semakin meningkat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...