Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Faktor – Faktor Kualitas Pelayanan yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan PT. Telkom Cabang Kota Sorong

Longkutoy, Meyta (Unknown)
Clan, Edward (Unknown)
Latumaelissa, Peiter J (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh faktor kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PT. Telkom cabang Kota Sorong, dengan fokus pada bukti fisik (tangible), keandalan (reliability), dan empati (empathy). Menggunakan metode kuantitatif dan survei kuesioner pada 75 pelanggan, penelitian ini menguji hubungan tiap faktor melalui analisis regresi linier berganda. Hasilnya menunjukkan bahwa faktor empati memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sementara bukti fisik dan keandalan tidak signifikan secara parsial. Namun, secara simultan, ketiga faktor ini memberikan kontribusi 71,1% terhadap variasi kepuasan pelanggan, sisanya 28,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Rekomendasi penelitian ini mendorong PT. Telkom untuk meningkatkan perhatian terhadap aspek empati dalam pelayanan guna meningkatkan kepuasan pelanggan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...