Virtual Reality (VR) adalah salah satu teknologi baru yang mulai banyak digunakan dalam pembelajaran. VR menawarkan pengalaman belajar yang imersif, interaktif, dan menyeluruh dengan menciptakan simulasi dunia tiga dimensi yang memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan objek dan situasi yang sulit diakses dalam kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang peran Virtual Reality sebagai media pembelajaran di era digital dan bagaimana teknologi ini dapat mendukung terciptanya proses belajar mengajar yang lebih efektif, menyenangkan sesuai dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Metode yang digunakan adalah kajian literatur dan analisis terhadap berbagai penelitian tentang aplikasi VR yang diterapkan di berbagai bidang pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa VR dapat meningkatkan pemahaman konseptual, keterampilan praktis, dan motivasi belajar siswa, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan menyenangkan. Meskipun demikian, tantangan terkait biaya, infrastruktur, dan keterbatasan konten pendidikan masih menjadi hambatan yang perlu diatasi agar VR dapat digunakan secara optimal dalam pembelajaran.
Copyrights © 2024