Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 6 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Media Digital Berbasis Virtual Reality Dalam Pembelajaran

Safarati, Nanda (Unknown)
Zuhra, Fatma (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Virtual Reality (VR) adalah salah satu teknologi baru yang mulai banyak digunakan dalam pembelajaran. VR menawarkan pengalaman belajar yang imersif, interaktif, dan menyeluruh dengan menciptakan simulasi dunia tiga dimensi yang memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan objek dan situasi yang sulit diakses dalam kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang peran Virtual Reality sebagai media pembelajaran di era digital dan bagaimana teknologi ini dapat mendukung terciptanya proses belajar mengajar yang lebih efektif, menyenangkan sesuai dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Metode yang digunakan adalah kajian literatur dan analisis terhadap berbagai penelitian tentang aplikasi VR yang diterapkan di berbagai bidang pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa VR dapat meningkatkan pemahaman konseptual, keterampilan praktis, dan motivasi belajar siswa, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan menyenangkan. Meskipun demikian, tantangan terkait biaya, infrastruktur, dan keterbatasan konten pendidikan masih menjadi hambatan yang perlu diatasi agar VR dapat digunakan secara optimal dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...