Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 6 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Penguasaan Teori Pengkajian Puisi dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas XI Masdrasah Aliyah Pondok Pesantren DDI As-Salman Allakuang

Mulyana, Mulyana (Unknown)
K, Nuraini (Unknown)
Rasyid, Rustam Efendy (Unknown)
Ahmad, Jamaluddin (Unknown)
Hanafi, Muhammad (Unknown)
Aswadi, Aswadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh teori pengkajian puisi dan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren DDI As-Salman Allakuang. Populasi penelitian ini keseluruhan siswa kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren DDI As-Salman Allakuang yang berjumlah 148 orang. Sampel dalam penelitian ini ditarik sebesar 30% atau sebanyak 49 orang. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi, observasi, wawancara, dan teknik tes. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu analisis kuantitatif meliputi analisis deskriptif, uji homogenitas, dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penguasaan teori pengkajian puisi dan motivasi belajar berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren DDI As-Salman Allakuang. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis data yang menunjukkan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0.05. Hasil lain menunjukkan perbedaan nilai mean postest kelompok eksperimen nilai mean kelompok kontrol yaitu 84,84 > 74,91. Hal ini berarti ada perbedaan nilai mean hasil tes menulis puisi antara siswa yang menguasai teori pengkajian sastra dibandingkan hasil tes menulis puisi siswa yang tidak menguasai teori pengkajian sastra. Motivasi belajar berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren DDI As-Salman Allakuang. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis data yang menunjukkan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0.05. Hasil lain menunjukkan perbedaan nilai mean postest kelompok eksperimen nilai mean kelompok kontrol yaitu 86,73 > 75,73. Hal ini berarti ada perbedaan nilai mean hasil tes menulis puisi antara siswa yang motivasi belajarnya tinggi dibandingkan hasil tes menulis puisi siswa yang motivasi belajarnya rendah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...