Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Anak Sejuta Bintang karya Akmal Nasery Basral dan mengetahui implementasi novel tersebut sebagai bahan ajar novel pelarajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dikembangkan dengan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data adalah novel Anak Sejuta Bintang karya Akmal Nasery Basral. Teknik penyediaan data menggunakan teknik Pustaka, teknik baca, dan teknik catat. Teknik catat dalam penelitian ini digunakan untuk mencatat hasil analisis novel tersebut. Instrumen dalam penelitian yaitu pedoman dokumentasi dan angket. Pedoman dokumentasi dan angket dilakukan dengan menganalisis nilai pendidikan karakter. Metode analisis penelitian ini menganalisis novel untuk mencari nilai pendidikan karakter. Hal ini perlu diperhatikan sebagai salah satu upaya dalam menerapkan nilai pada peserta didik. Hasil penelitian ini terdapat 18 nilai pendidikan karakter yang diimplementasikan pada novel Anak Sejuta Bintangkarya Akmal Nasery Basral yaitu: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bershabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Selanjutnya dari hasil temuan nilai-nilai tersebut dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar berupa modul novel untuk siswa kelas XII. Kemudian hasil penyusunan modul ajar diperkuat dengan dilakukan validasi oleh tiga ahli dengan hasil cukup efektif dan layak digunakan.
Copyrights © 2025