Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 5 No. 3 (2025): Innovative: Journal Of Social Science Research

Hubungan Body Image dengan Kepercayaan Diri Siswa di SMK Negeri 1 Ampek Angkek

Yunesti, Elfi (Unknown)
Yusri, Fadhilla (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi adanya siswa yang kurang percaya diri dengan bentuk tubuh yang dimilikinya. Body image merupakan gambaran mental individu yang ditujukan pada ukuran dan bentuktubuh, penilaian individu lain, dan individu tersebut akan mempersepsikan dan memberikanpenampilan terhadap apa yang ia pikirkan dan rasakan terhadap ukuran dan bentuk tubuhnya. Makadari itu, peneliti tertarik untuk mengungkapkan hubungan body image terhadap kepercayaan diri. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar hubungan body image terhadap kepercayaan diri siswa di SMK Negeri 1 Ampek Angkek. Penelitian ini merupakanpenelitian kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antar satu variabeldengan variabel lainnya. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X di SMK Negeri 1 Ampek Angekyang diketahui body image nya berhubungan dengan kepercayaan dirinya. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 79 orang. Hasil penelitian diketahui bahwa hasil signifikansi correlation diperoleh sebesar 0,00 yang berarti lebih kecildari alpha (0,05). Maka dapat dikatakan bahwa Ha diterima, hal ini juga dibuktikan dengan r hitungyaitu 0,867 besar dari r tabel yaitu 0,218 pada taraf signifikansi 0.05. Maka dapat dikatakan Ha diterimaartinya ada hubungan body image terhadap kepercayaan diri siswa di SMK Negeri 1 Ampek Angkek.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...