Pendidikan kejuruan memegang peran strategis dalam menyiapkan sumber daya manusia yang siap kerja dan mampu menciptakan lapangan usaha mandiri. Namun, berbagai studi menunjukkan bahwa lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) masih menghadapi tantangan dalam membangun kepercayaan diri dan kesiapan berwirausaha secara nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PjBL) terhadap peningkatan kepercayaan diri dan kesiapan siswa SMK untuk menjadi wirausahawan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survei. Instrumen penelitian berupa kuesioner disebarkan kepada 54 guru SMK dari berbagai provinsi di Indonesia yang mengampu mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK). Data dianalisis secara deskriptif menggunakan persentase dan rata-rata skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 80% responden menilai bahwa penerapan PjBL memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap kepercayaan diri siswa, khususnya dalam mengambil keputusan, mengomunikasikan ide, dan mempresentasikan produk. Selain itu, mayoritas guru menyatakan bahwa siswa yang terlibat dalam pembelajaran berbasis proyek menunjukkan kesiapan lebih tinggi dalam memahami proses bisnis dan menghadapi tantangan dunia usaha. Temuan ini diperkuat oleh literatur terbaru yang menekankan pentingnya pembelajaran berbasis pengalaman dalam membentuk kompetensi wirausaha yang holistik. Penelitian ini merekomendasikan penerapan sistematis model PjBL dalam kurikulum kewirausahaan SMK sebagai strategi pembelajaran yang mampu membentuk lulusan yang percaya diri, adaptif, dan siap menciptakan peluang usaha di masa depan.
Copyrights © 2025