Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas X.5 SMAN 3 Medan tentang kebiasaan belajar yang baik melalui layanan bimbingan klasikal dengan teknik Problem Based Learning (PBL) pada tahun pelajaran 2024/2025. Metode PBL dipilih karena mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa secara signifikan, sesuai dengan hasil penelitian terdahulu yang menunjukkan efektivitas model PBL dalam meningkatkan kualitas belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group untuk mengukur perubahan pemahaman siswa setelah penerapan layanan bimbingan klasikal PBL. Hasil penelitian diharapkan menunjukkan peningkatan kebiasaan belajar yang efektif dan efisien, yang berkorelasi positif dengan prestasi belajar siswa. Dengan demikian, layanan bimbingan klasikal teknik PBL dapat menjadi strategi yang efektif dalam membentuk kebiasaan belajar yang baik dan meningkatkan hasil belajar siswa di SMAN 3 Medan.
Copyrights © 2025