Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik sosial, ekonomi dan demografi dalam meningkatkan ekonomi keluarga pedagang kaki lima di Jalan Pramuka Kota Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan pengambilan sumber data primer dan sekunder dengan teknik purposive sampling. Populasi Dari penelitian ini sebesar 158 pedagang dengan jumlah sampel sebanyak 15 pedagang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa pedagang kaki lima di Jalan Pramuka Kota Samarinda meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga terlihat dari aktivitas pedagang seperti jam kerja, sikap kerja, segala kendala dalam pekerjaan dan hasil berdagang. Faktor pendorong Menjadi pedagang kaki limaMemutuskan untuk bekerja terdiri dari motif. Dorongan kebutuhan ekonomi tidak memerlukan pendidikan atau keterampilan dan tidak memerlukan modal yang besar. Pendapatan pedagang kaki lima cukup terbilang baik karena dilihat dari penghasilan perhari mencapai Rp. 300.000 hingga Rp. 500.000. pedagang kaki lima yang mempunyai semangat dan kerja keras untuk meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga.
Copyrights © 2023