Magna: Journal of Aconomics, Management, and Business
Vol 3 No 1 (2024): Januari 2024

Analisis Dimensi Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian

Dania, Afifah Farrah (Unknown)
Trihudiyatmanto, M. (Unknown)
Purwanto, Heri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2024

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh Faktor Psikologis yang meliputi Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, dan Sikap terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada konsumen Swalayan United Mart Kalikajar). Metodologi – Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah konsumen Pembalut Laurier pada Swalayan United Mart Kalikajar. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan indikator variabel dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis ini adalah Regresi Linear Berganda. Hasil – penelitian ini menunjukan bahwa Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, dan Sikap berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada konsumen Swalayan United Mart Kalikajar). Hal ini dapat dibuktikan dengan motivasi dengan nilai thitung (2,273) > ttabel (1,99210) dan tingkat signifikansi 0,026. Persepsi dengan nilai thitung (2,809) > ttabel (1,99210) dan tingkat signifikansi 0,006. Pembelajaran dengan nilai thitung (3,533) > ttabel (1,99210) dan tingkat signifikansi 0,001. Sikap dengan nilai thitung (5,698) > ttabel (1,99210) dan tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Keterbatasan – Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Deangan demikian penelitian ini bergantung pada kemampuan responden dalam memahami setiap pertanyaan. Agenda Penelitian Yang Akan Datang – Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambahkan variabel dan indikator lain, baik mengganti atau menambah variabel lain, serta alat ukur yang lebih baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

magna

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Economics, Management, and Business is a journal covering economics, management and business. Journal of Economics, Management, and Business was published for the first time in July 2022. Journal of Economics, Management, and Business is published twice a year, namely in January and ...