Magna: Journal of Aconomics, Management, and Business
Vol 3 No 1 (2024): Januari 2024

Analisis Kepuasan Konsumen Pada E-Commerce

Trihudiyatmanto, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2024

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh kualitas sistem, layanan, dan keamanan terhadap kepuasan konsumen pada Tokopedia. Metodologi - Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Sains Al-Qur’an yang berjumlah 81 mahasiswa dari tiga jurusan yang berbeda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online melalui google form yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah Regresi Linear Berganda. Hasil - Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas sistem dan layanan berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen, sedangkan variabel keamanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dapat dibuktikan dengan kualitas sistem yang memiliki t hitung 3,434 dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05. Layanan dibuktikan dengan t hitung 5,224 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Dan Keamanan dibuktikan dengan t hitung 0,090 dengan nilai signifikan 0,315 > 0,05. Implikasi – Penelitian ini diharapkan menjadi rujukan bagi penelitian – penelitian sejenis yang membahas tentang ecommerce. Orisinilitas – Penelitian ini merupakan yang pertama membahas pengaruh kualitas sistem, layanan, dan keamanan terhadap kepuasan pelanggan ecommerce pada konsumen mahasiswa UNSIQ.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

magna

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Economics, Management, and Business is a journal covering economics, management and business. Journal of Economics, Management, and Business was published for the first time in July 2022. Journal of Economics, Management, and Business is published twice a year, namely in January and ...