Jurnal Rister
Vol 2 No 1 (2025): Jurnal RISTER : Riset Sistem Cerdas

Pengembangan Sistem Kepakaran Berbasis Forward Chaining untuk Diagnosa Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa

Ratnasari, Nur (Unknown)
Mahesa, Fauzul Irham (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Kesulitan belajar matematika merupakan salah satu permasalahan utama yang sering dialami siswa dan berdampak pada capaian akademik secara keseluruhan. Guru sering kali mengalami kendala dalam mendiagnosis secara cepat dan tepat jenis kesulitan belajar yang dialami siswa, sehingga dibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu proses identifikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pakar berbasis forward chaining yang mampu mendiagnosis kesulitan belajar matematika siswa secara sistematis dan akurat. Metode penelitian yang digunakan meliputi analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, serta pengujian dengan membandingkan hasil diagnosis guru dan sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pakar yang dikembangkan mampu memberikan diagnosis dengan tingkat akurasi yang tinggi, ditunjukkan dengan persentase kesesuaian 90% antara hasil diagnosis guru dan sistem. Grafik dan tabel perbandingan hasil diagnosis memperkuat temuan bahwa sistem ini dapat menjadi alat bantu yang efektif bagi guru dalam mengidentifikasi jenis kesulitan belajar siswa, seperti kesulitan pemahaman konsep, kesalahan prosedural, maupun keterbatasan logika matematis. Dengan demikian, sistem pakar berbasis forward chaining ini berpotensi meningkatkan efisiensi dan ketepatan diagnosis, sekaligus mendukung intervensi pembelajaran yang lebih tepat sasaran

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Library & Information Science

Description

Jurnal RISTER : Riset Sistem Cerdas adalah lembaga jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Lamappapoleonro yang memiliki disiplin ilmu komputer. Jurnal RISTER : Riset Sistem Cerdas didirikan pada tahun 2024 dengan tujuan sebagai wadah untuk mempublikasikan penelitian dosen, Mahasiswa, Peneliti. ...