SASINDO
Vol 12, No 2 (2024): Juli 2024

Menceritakan Isi Cerpen dengan Strategi Think Talk Write pada Siswa SMAN 9 Semarang Tahun 2020/2021

Wijaya, Ardian Rifqy (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan penerapan keterampilan menceritakan kembali isi cerpen menggunakan strategi Think Talk Write dalam pembelajaran daring berbantuan media Zoom pada Siswa Kelas XI SMAN 9 Semarang Pada Tahun 2020/2021. Penelitian ini dilakukan di SMAN 9 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan hasil tulisan siswa untuk melihat hasil keterampilan siswa dalam menceritakan kembali isi cerpen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 9 Semarang yang melaksanakan pembelajaran daring dengan berbantuan media Zoom. Jumlah keseluruhan siswa (populasi) dari kelas A sampai dengan F sebanyak 180 siswa. Berdasarkan populasi siswa kelas XI.A yang berjumlah 50 siswa, dengan teknik purposive sample, penelitian ini memilih purposive sample karena guru yang mengajar dengan berbantuan media Zoom di kelas XI A, oleh karena itu dipilihlah satu guru yang mengajar dua kelas. Selanjutnya, didapatkan kelas XI A sebagai kelas sampel. Peneliti menggunakan hasil tulisan siswa untuk melihat hasil keterampilan siswa dalam menceritakan kembali isi cerpen. Kemudian guru menilai keterampilan bercerita siswa dengan meggunakan strategi TTW dengan berbantuan media Zoom. Lembar penilaian keterampilan bercerita siswa oleh peneliti digunakan sebagai instrumen penskoran untuk menentukan tingkat keberhasilan keterampilan bercerita siswa.

Copyrights © 2024